Sunday 23 August 2015

Berburu Foto di Tebing Keraton

Bagi pecinta keindahan alami seperti saya ini tujuan wisata kami selanjutnya adalah ke Tebing Keraton atau Tebing Karaton yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung Jawa Barat Indonesia dengan ketinggian 1500 mdpl di kawasan Dago dengan panorama Taman Hutan Rakyat ( Tahura ) Juanda yang menjadi landscapenya berada persis dibawah kita.

View yang menjadi daya tarik berada di tempat ini  kita dapat menyaksikan pemandangan 180 derajat Kota Bandung. Warga Bandung menyebut Tebing Keraton sebagai puncak tertinggi di kota Bandung. Tiket masuknya Rp. 11.000,- / orang.

Akses Ke Tebing Keraton lebih sulit dibanding ke Bukit Moko. Jalan yang tidak beraspal hampir 1/3 jalanan terakhir kita harus konsentrasi dan berhati - hari karena jalan bebatuan yang tidak rata dan tanjakan akan sangat menyulitkan. Roda empat hanya bisa diparkir di Tahura setelah itu harus di tempuh dengan kendaraan roda 2.


Mengambil rute ke arah Tahura, persis didepan Tahura ada pertigaan, ambil arah kanan. Dari sini jalanan akan terus menanjak sampai ketemu dengan Warung Bandrek, belok kiri (ada papan petunjuk disini) sampai ketemu lagi dengan belokan kiri yang agak curam. Dari sini tinggal lurus sampai ketemu dengan area parkir untuk Bukit Keraton.


Asal mula Tebing Keraton ini dulu lebih dikenal dengan Bukit Jontor karena letak batu yang menjorok ke depan seperi orang Jontor. Kenapa tempat ini dinamakan Tebing Keraton ? pertanyaan ini yang muncul di benak saya sebagai orang luar daerah Bandung, dan ternyata menurut cerita penduduk dahulu kala ada orang kesurupan di tempat ini dan mengatakan nama lokasi ini harus diganti menjadi Tebing Karaton  yang dalam bahasa Sunda artinya adalah Kemegahan Alam.


Asli berada di bebatuan aja ngeri melihat kebawahnya karena mungkin karena keamanan yang sedikit membuat nyali ciut. Saya hanya berani di tengah - tengah bebatuan tidak berhasil berada di batu paling ujung bawah karena ketinggian yang saya bayangkan kalau batu ini longsor hadew semoga saja tidak dan hanya ketakutan saya saja sebenarnya. Mungkin sedikit saran untuk dibuat pagar besi untuk keamanan pengunjung, juga yang bawa anak tetap waspada dan tetap berhati - hati saat berada di ujung tebing tetap utamakan keselamatan dan hindari foto selfie yang berkibat fatal.

 

Indonesia menawarkan tempat - tempat yang ajib untuk kita kunjungi dengan keunikan masing - masing serta sejarahnya karena dimanapun kita berada kita tetap berada di alam yang harus kita jaga dan kita lestarikan untuk masa depan anak cucu kita.

Semoga informasi ini dapat membantu  bagi pembaca yang ingin berkunjung ke obyek wisata Tebing Keraton..selamat bersenang - senang.

No comments:

Post a Comment