Sunday 3 April 2016

Mercusuar Pantai Pandansari / Pantai Patehan Bantul salah satu spot foto keren di Jogja.

Kawasan Selatan Pantai di daerah Bantul yang sangat terkenal dengan adanya Mercusuar di Pantai Pandansari, Bantul yang berfungsi sebagai suluh dan pemandu bagi para pelaut yang sedang berlayar. Berdiri kokoh menara setinggi ± 30 meter dibalik pepohonan. Lokasi Pantai Pandansari berada di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta bersebelahan dengan Pantai Samas dan Pantai Pandansimo.


Untuk mencapai lokasi tertinggi, kita harus menaiki tangga sebanyak 8 lantai dengan ratusan anak tangga melingkar dengan tangga terakhir berdiri lurus tidak miring lagi lumayan untuk memacu adrenalin dengan sisa - sisa tenaga yang kita punya sebelum mencapai pucak. Kebetulan saat kami kesana dipuncak menara kami menyaksikan pertunjukan " Jogja Air Show 2016 " yang berbelok tepat disebelah barat menara Pandansari. Acara yang diadakan Tgl 25 - 27 Maret 2016 tepatnya di Bukit Paralayang dan Pantai Parangtritis  juga terlihat di menara ini. Atraksi yang memukau dari para penerbang salah satunya ada di bawah ini.


Panorama yang disuguhkan diatas menara sangat memukau kita dapat menyaksikan garis Pantai Selatan dan juga deretan perbukitan sisi barat. Dari atas menara kita tidak hanya menyaksikan satu pantai saja, tetapi deretan pantai sepanjang Bantul hingga Kulonprogo. 



Wisatawan yang datang akan memasuki hamparan pohon cemara laut yang tumbuh lebat sebelum memasuki deretan pasir laut. Deretan pohon cemara udang yang memenuhi bibir Pantai Pandansari  ditanam sebagai pagar penjaga agar pinggir pantai tidak tergerus air laut, juga menciptakan susanan sejuk dan asri di tengah suasana pantai yang panas dan terik.


Wisata ke Pantai Pandansari dengan tema piknik, ngecamp, dengan sensari musim gugur di Jepang juga terasa dipantai ini karena tanah yang kita pijak akan di penuhi warna daun dari cemara udang yang berwarna coklat menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kita bisa duduk dengan mengelar tikar dibawah rimbunnya pepohonan yang berbekal makanan maupun minuman bersama keluarga.

Kita juga dapat menyaksikan lokasi menarik lainnya Agrowisata Buah Naga yang dapat dijadikan oleh - oleh untuk kerabat, bisa juga menyantap buah naga dikebunnya langsung.


Waktu terbaik datang ketempat ini adalah di sore hari saat senja datang dan akan menghilang akan tampak garis pantai dengan warna keemasan, untuk waktu kunjungan terakhir ditutup jam 18.00 wib. Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment