Friday 27 March 2015

Rafting Sungai Elo - Magelang

Elo Rafting Trip adalah paket kegiatan wisata arung jeram di Sungai Elo yang teletak di Borobudur Kabupaten Magelang. Sungai elo adalah salah satu sungai yang sangat ideal untuk berwisata arung jeram di kawasan Magelang, karena karakter aliran dan banjir yang relatif stabil dan relatif aman untuk diarungi baik di musim kemarau atau musim hujan.  


Sungai Elo berhulu ke Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran, sehingga tidak dipengaruhi oleh aliran material vulkanik dari Gunung Merapi. Lintasan tersebut memiliki panjang sekitar 12,5 km dan ditempuh dalam 2,5 – 3 jam pengarungan.


Tidak dibutuhkan kemampuan berenang dalam trip ini karena sudah disiapkan perlengkapan arung jeram standar internasional yang wajib kita pakai saat pengarungan. Perlengkapan yang diperlukan seperti pelampung dengan daya apung hingga 150 kg, helm dan dayung. Peserta arung jeram akan didampingi oleh minimal 1 orang RiverGuide / pemandu tiap boat yang akan bertanggung jawab terhadap keselamatan seluruh peserta pengarungan.

Bila kita merencanakan sebuah wisata yang menyenangkan dan berkesan bersama teman atau keluarga, saya merekomendasikan untuk mencoba paket wisata alam arung jeram Sungai Elo. Sungai elo terletak sangat dekat dengan objek wisata Candi Borobudur Magelang, paket wisata alam yang mengarungi Sungai Elo sudah siap menanti. Nikmati petualangan seru mengarungi sungai elo sepanjang 10 km bersama RiverGuide yang berpengalaman. Sungai elo memiliki variasi jeram grade I sampai III+, jeram dengan grade rendah seperti ini sangat ideal untuk wisata alam keluarga.

Cakupan Layanan Paket Wisata Arung Jeram Sungai Elo
1. Asuransi.
2. Sewa perlengkapan dan peralatan arung jeram.
3. Satu kali pengarungan di Elo Trip, didampingi minimal 1 orang RiverGuide tiap boat.
4. Transport lokal dari Base Camp CitraElo ke Start Point.
5. Pemakaian sarana parkir dan sanitary di Base Camp CitraElo.
6. Bonus pemakaian kolam renang dengan air dari mata air alami pada saat weekend.
7. Serifikat Pengarungan.
8. Satu kali paket konsumsi (trip break refreshment dan after trip meal).

Bagi pecinta arung jeram, musim kemarau adalah musim yang menyedihkan. Akan tetapi Sungai Elo merupakan trip arung jeram yang dapat dilalui dalam segala musim. Walau kalah seru dibanding arung jeram di kali Progo, tetapi menyusuri keindahan kali Elo dapat menjadi obat tersendiri bagi pecinta wisata bahari.

Selama perjalanan kita harus mengayuh perahu karet apabila tidak mau tertingal dengan perahu karet yang lain, suasana juga mendukung sekali untuk bisa melepas penat dari semua aktivitas karena nuansa pedesaan yang sepi dan sunyi sesekali bisa kita temukan, ibu – ibu yang mencuci baju dipinggir sungai bahkan mungkin aktivitas warga yang suka memancing dan adakalanya anak – anak kecil yang mandi di sungai. Pemandu yang gak kalah usil, karena sewaktu – waktu akan berusaha untuk menjatuhkan kita ke air dengan dayung yang ditarik dipelampung kita. Apabila kita tidak bisa menjaga keseimbangan ya alhasil pasti akan tercebur ke sungai, peserta yang panik biasanya akan berteriak minta tolong hingga akhirnya mereka sadar kalau berada di air yang dangkal. Tetapi berbeda dengan peserta yang suka tantangan, dia akan menjatuhkan diri ke dalam sungai atau malah ikut - ikutan teman yang lain karena seru. Sesekali pemandu melempar canda atau mengarahkan perahu sedemikian rupa untuk membuat suasana ceria.


Ada tempat-tempat  tertentu yang aman untuk bermain air, biasanya ditandai dengan perahu karet yang terbalik atau permainan yang dibuat oleh pemandu. Jika peserta menggunakan 2 atau lebih perahu biasanya diadakan lomba antar tim pada jarak tertentu, dan masih ada lagi permainan yang lain.

Anda yang hobi “SELFIE” jangan khawatir, pihak Rafting / Pengelola sudah menyediakan tim fotographer untuk membidik foto kita. Pemandu akan memberikan aba-aba kapan harus berpose dan jeram mana yang paling bagus untuk berfoto, peserta hanya cukup menyiapkan senyum dan pose seheboh mungkin, tapi kadang juga tidak terlihat sehingga kita tidak bisa berekspresi sebelum kamera menyimpan foto kita.

Beberapa tips Arung jeram di Sungai Elo :
•  Gunakan Sunblock agar kulit tidak belang, berdasarkan pengalaman cuman rafting 2 jam saja kulit langsung gosong dan perlu 1 bulan lebih untuk dapat mengembalikan warna kulit.
•  Gunakan kaos atau celana yang tidak terlalu longgar.
• Kenakan helm dan Rompi pelampung dengan benar, mintalah untuk dicek ulang oleh pemandu demi keamanan.
• Tetap tenang jika terjatuh, peserta tidak akan tenggelam selama pelampung terpasang sempurna.
• Mintalah ijin untuk membawa kamera selama perjalanan, mengingat banyak spot yang berarus walaupun hal tersebut akan beresiko.
Tempat yang dapat dipilih untuk paket arung jeram atau rafting di magelang diantaranya adalah sungai elo, sungai progo atas, sungai progo bawah dan sungai serayu Wonosobo Magelang Jawa Tengah.






No comments:

Post a Comment