Sunday 4 September 2016

Tarian awan di Kebun Buah Mangunan

View ajib akan dihadirkan bagi siapa saja yang suka bangun pagi, hal ini tidak lepas dari cerita nenek moyang kita yang selalu terngiang sampai saat ini apabila bangun siang nanti rezekinya dipatuk ayam he....salah satunya adalah pagi - pagi buta harus sudah bangun dan bisa ketempat ini.

Akses ke Lokasi
Kebun buah mangunan berada di Desa Mangunan, kecamatan Dlinggi, Kabupaten Bantul dengan ketinggian ± 150 - 200 mdpl. Jarak dari Jogja sekitar 35 km > Terminal giwangan > dari terminal ambil jalan lurus ke Selatan ( jalan Imogiri Timur ) > Jalur Imogiri Dlingo > silahkan ikuti papan petunjuk arah yang sudah tersedia, hati - hati karena kelokan jalan yang berkelok dan menanjak dengan view hutan pinus dan perkampungan akan menjadi pemandangan yang menarik.

Waktu Terbaik ke lokasi ini
Pagi hari sebelum matahari terbit - sekitar jam 07.00 wib. Lautan awan dapat terlihat setelah matahari terbit sekitar jam 05.00 - 07.00 wib tergantung cuaca, apalagi kalau semalam habis hujan pasti disini dapat tarian awan dengan kelokan yang mengalir diatas sungai Oyo meliuk membelah perbukitan yang hijau. Lautan awan yang berkelok di atas sungai serta Sunrise yang menawan menjadi spot andalan di tempat ini karena berada di puncak Bukit Mangunan yang sudah dikelilingi pagar kayu demi keamanan.

pic by berangkaaat.wordpress.com
Retribusi
Wisatawan cukup membayar Rp. 5.000 / pax, fasilitas yang disediakan juga sudah cukup lengkap seperti : gardu pandang yang sudah semakin banyak penambahan karena antusias masyarakat, camping ground, gazebo, dan kamar mandi tentunya.

Berkunjung ke tempat ini dengan sanak saudara akan sangat menyenangkan apabila bertepatan dengan musim panen buah seperti : durian, mangga, manggis, rambutan, jambu air, jeruk, kelengkeng dll dengan luas 23 hektar tertata rapi menyesuaikan kontur kemiringan bukit.

Makanan khas disini adalah tiwol yang terbuat dari singkong dengan aneka rasa ada gula merah dan gula putih dapat dijadikan oleh - oleh.

No comments:

Post a Comment