Monday 8 June 2015

Hutan Pinus - Jogja

Masih di Jogja di salah satu sudut kotanya, setelah perjalanan dari Jembatan Siluk kita melanjutkan ke lokasi Hutan Pinus yang ada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Jogja. Deretan pohon yang rapi berjajar sepanjang mata memandang dengan nuansa alam yang masih alami dan indah ini telah menjelma menjadi tujuan wisata dengan sendirinya. 
 

Kawasan hutan pinus disiini masih belum dikolola menjadi objek wisata sehingga kita hanya dikenakan retribusi parkir saja. Hamparan pemandangan yang hijau terbentang seolah tak henti dan semakin memanjakan mata, dapat berdiri di antara ratusan pohon yang menjulang tinggi dengan suasana yang dingin dan sejuk akan memikat hati para pendatang. Hasil jepretan kamera di tempat ini juga keren dan bisa dijadikan alternatif untuk pecinta tempat yang suka ngebolang. Akses ke tempat ini sangat mudah karena papan petunjuk arah sudah tersedia dan mudah di temukan di beberapa sisi jalan.


Pepohonan pinus sendiri banyak di temukan di daerah lereng pegunungan maupun di dataran tinggi di beberapa kota yang ada di Indonesia salah satunya di Gunung Lawu dll, tetapi untungnya Jogja seakan hadir dengan memberikan warna tersendiri dengan semua adat istiadat yang ada dan keindahan alamnya seperti hutan pinus ini.


Saran saya kalau mau berkunjung ke tempat ini bisa di pagi hari, kita dapat pemandangan cantik dari sinar mentari yang ingin menerobos masuk di antara celah – celah pepohonan dapat menjadi sensasi tersendiri, seakan menambah kecantikan hutan dengan pepohonan hijau yang tinggi menjulang dari jenis tanaman yang homogen.

Kalau kita perhatikan bagian tanah akan berwarna kemerahan yang berasal dari daun – daun pinus yang jatuh berguguran. Bunga pinus yang berwarna merah akan tampak cantik dan menonjol diantara semua warna yang ada di antara benih – benih pohon pinus yang tumbuh subur. Bunga yang sudah kering juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan yang dapat kita temukan sebagai souvenir di sepanjang Malioboro.

Selain itu juga getah dari pohon pinus dapat dijadikan produk olahan untuk industri, ranting yang berjatuhan dimanfaatkan sebagai kayu bakar oleh penduduk setempat. Lokasi ini juga sering digunakan untuk foto pre-wedding dan shooting sinetron FTV yang berlokasi di Jogja. Beberapa foto yang saya ambil menuju ke lokasi Hutan Pinus akan di suguhkan pemandangan yang ciamik.


No comments:

Post a Comment