Tuesday 2 June 2015

Menikmati Liburan di sela - sela Aktivitas Padatmu

Liburan bukan hanya menjadi suatu kebutuhan saja akan tetapi sudah lebih dari itu fungsi serta manfaat yang bisa kita dapat. Aktivitas yang padat dan saat kita sudah bekerja akan banyak menghabiskan waktu di kantor selama lebih dari 9 jam, dalam pekerjaan sebenarnya bukan suatu beban tapi ada kewajiban yang memang harus kita penuhi. Ada kalanya kita akan merasa jenuh dengan memeras tenaga maupun pikiran untuk memenuhi kebutuhan kita  dan memerlukan waktu untuk berlibur. Bekerja untuk menjemput rezeki dengan harapan mendapatkan berkah dan dapat bebenuhi kebutuhan kita.

Kadang kitapun harus lembur sampai malam jika harus mengejar target atau deadline, untuk itu kita sangat memerlukan penyeimbang hidup bernama liburan, terutama liburan ke alam bebas dan tidak hanya dengan bermalas-malasan di kamar. Berikut beberapa cara untuk tetap bisa menikmati liburan di sela - sela aktivitas yang padat.

1. Karena waktu liburan yang singkat, mencari destinasi wisata ciamik terdetak di kotamu.
Waktu 1-2 hari tidak menjadi masalah untuk bisa menikmati atmosfer liburan dengan melakukan one-day trip ke kota-kota terdekat yang memiliki destinasi wisata yang menarik kita bisa menikmati jalan-jalan seru tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak dan tidak menyita waktu.


2. Yang paling penting niat untuk menjelajah, karena kata pepatah kalau sudah niat, apa saja bakal kita usahakan.
Kalau sudah ada niat, semua hal yang terasa sulit pasti akan menemukan jalannya. Walaupun terkadang sepele tetapi kalau sudah niat kita seperti punya jam penghingat untuk melakukan aktivitas bangun pagi misalnya dan akan beranjak dengan sendirinya.

Jangan takut capek karena kita harus all-out saat menjalani liburan di akhir pekan. Setelah liburan dijamin jiwa akan tenang dan senang, ada beberapa hal yang akan masuk ke otak untuk menyegarkan dari rutinitas biasanya, mungkin pada saat masuk kerja lagi, capeknya  masih terasa, akan tetapi perasaan bahagia karena udah jalan-jalan akan menginspirasimu untuk bekerja lebih baik lagi.

3. Akhir pekan adalah hari libur semua orang, temukan destinasi wisata yang masih perawan dan jarang dijamah orang
Mencari destinasi yang masih jarang terjamah orang saat liburan di akhir pekan adalah pilihan yang bijak, karena tempat - tempat wisata yang populer pasti sudah penuh dengan wisatawan. Mungkin kita tidak akan menemukan fasilitas-fasilitas seperti yang biasanya tersedia di destinasi wisata populer tetapi kita akan menemukan sesuatu yang lebih dari itu  yaitu kesunyian yang kita butuhkan untuk lari sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan.


4. Manfaatkan waktu kunjungan dalam rangka dinas keluar kota
Untuk kita yang berkesempatan melakukan perjalanan dinas ke luar kota, jalan-jalan di tempat tujuan wajib ada di dalam agenda. Manfaatkan kesempatan untuk berjalan-jalan dan menikmati liburan ke tempat asing yang mungkin bakal mahal kalau kamu pergi dengan uang sendiri tetapi tentunya tidak melupakan tugas utamamu lo ya.

5. Manfaatkan tanggal merah dan hari kejepit nasional demi masa liburan yang lebih panjang.
Persiapan matang untuk memanfaatkan tanggal merah adalah salah satu saat yang paling ditunggu, karena kita memiliki tambahan hari libur barang satu atau dua hari yang bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat yang lebih jauh. Tapi, tanggal merah juga identik dengan high season—di mana-mana ramai, karena menyatu dengan gelombang wisatawan lainnya yang sama-sama ingin menikmati liburan. Pesan tiket dan hotel dijauh-jauh hari karena dijamin harga akan melambung tinggi dan susah didapat. 


6. Perhatikan efektivitas kerja kita agar bisa selesai kerja tepat waktu. Kurangi mengobrol agar tidak membawa pulang kerjaan di akhir pekan
Biar kamu bisa berlibur dengan tenang dan khusyuk, hindari menyisakan kerjaan untuk dikerjakan di akhir pekan. Selesaikan pekerjaan lebih awal.

7.  Siapkan energi dengan cukup istirahat selama weekday
Pekerjaan yang kita geluti sehari - hari sudah menyita banyak energi, jangan habiskan seluruh energi di hari kerja. Pulang kerja siapkan waktu yang cukup untuk menikmati tidur yang berkualitas.
Kurangi nongkrong dan tidur malam serta jaga pola makan yang sehat dan bergizi. Kalau tidurmu tiap malam berkualitas, kita akan punya energi untuk liburan di akhir pekan tetapi produktivitas kerja juga akan terjaga.


8. Jangan ragu untuk mengeksplorasi kota tempat tinggalmu. Pasti masih banyak sudut-sudut yang belum pernah kita datangi.
Jelajahi sudut-sudut kota tempat kita tinggal karena traveling itu bukan selalu soal destinasi, melainkan soal sudut pandang tentang bagaimana kamu menikmati sesuatu yang berbeda. Kalau tidak sempat mengunjungi destinasi wisata yang ada di kota-kota terdekat, kita bisa mengeksplorasi kota sendiri tidak masalah. Kadang objek wisata yang ada di dekat tempat tinggal kita malah seringkali luput dari perhatian kita. Coba cari suasana yang berbeda di kotamu, bisa mengunjungi objek wisata yang belum pernah kamu datangi sebelumnya, berkeliling naik sepeda, maupun berburu kuliner khasnya sampai ke gang-gang kecil perkampungan.


No comments:

Post a Comment