Saturday 30 May 2015

Menikmati Sore hari di Candi Sambisari

Candi Sambisari ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani yang sedang mencangkul sawah, dan menemukan bongkahan batu yang mempunyai ukiran. Candi Sambisari sendiri berada dibawah permukaan tanah sekitar 6.5 meter, yang ketika pertama kali ditemukan terpendam oleh material vulkanik Gunung Merapi  yang meletus secara besar-besaran pada awal abad ke-11 (kemungkinan tahun 1006) kemungkinan besar karena tertimbun lahar Gunung Merapi, hal ini terlihat dari banyaknya batu material volkanik di sekitar candi.


Gunung Merapi berada di sebelah utara candi berjarak sekitar 40 kilometer. Setelah dilakukan penelitian oleh Dinas Purbalaka, ternyata batu tersebut adalah secuil batu kecil dari komplek candi yang sangat besar seperti yang terlihat saat ini. Candi ini ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani di Desa Sambisari dan dipugar pada tahun 1986 oleh Dinas Purbakala. Nama desa ini kemudian diabadikan menjadi nama candi tersebut.



Taman yang indah menjadi pilihan yang cocok untuk duduk dan bersendau gurau bersama orang terdekat seperti : sahabat dan keluarga. Patualang bisa menikmati Candi Sambisari dari ketinggian sehingga akan nampak seluruh komplek candi. Waktu paling pas untuk datang kesini di sore hari dan kebetulan kami datang kemarin pas hari Sabtu tgl 23 Mei 2015 jam 14.30 wib, semakin sore semakin banyak wisatawan yag datang.
terdiri dari 1 (satu) candi utama dan 3 (tiga) candi perwara yang berada persis di depannya. Candi Induk menghadap ke arah barat, mempunyai bentuk bujur sangkar berukuran 13.65 meter x 13.65 meter berketinggian 7.5 meter.



Untuk mencapai Komplek candi Sambisari sangat mudah. Letaknya hampir berdekatan dengan Candi Sari Kalasan dan candi Prambanan. Petualang hanya tinggal melangkah ke arah barat menuju kota Jogja melewati Kalasan, sekitar 6km atau sekitar 6 menit silakan berbelok ke arah kanan (Balai Diklat Keuangan Jogja). Sekitar 7 menit perjalanan ke arah utara akan didapati candi Sambisari di sebelah kiri jalan.

Walaupun bukan merupakan obyek andalan utama di Jogjakarta, namun candi Sambisari juga bisa jadi alternatif berpetualang yang menyenangkan bersama kawan.
Untuk tiket masuk ke area komplek candi Sambisari cukup terjangkau, hanya membayar sebesar Rp. 2.000, dan parkir 2000.

No comments:

Post a Comment