Wednesday 7 January 2015

Berburu Seafood di Pantai Depok & Gumuk Pasir - Jogja


Kali ini saya akan berburu kuliner di Pantai Depok, Pantai ini berada di daerah Bantul tepatnya sebelah barat Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Untuk berburu seafood silahkan datang ke tempat ini karena selain terkenal dengan rasanya yang yummi dan murah, juga karena terdapat pelabuhan ikan sehingga kita bisa mendapatkan ikan yang masih fresh untuk kita beli dan langsung bisa diolah di rumah makan sepanjang pantai maka di sinilah surganya berburu seafood.




 

Ombak dipantai ini biasanya kecil pada pagi hari, tetapi kalau sudah siang ombaknya tinggi untuk itu tidak disarankan bagi yang ingin berenang. Selain menunggu makanan siap disajikan kita juga bisa bermain APV, main pasir, berfoto di perahu nelayan, main layang – layang bahkan bisa berbelanja ikan untuk di bawa pulang. Menikmati Sunset disini juga bisa dilakukan karena semua pantai pasti akan sangat mempesona. Tempat ini sering digunakan untuk paralayang karena anginnya yang kencang.

Gumuk Pasir

Selain kuliner, kita juga bisa mengunjungi Gumuk Pasir yang ada disebelah timur dari pantai Depok. Gumuk Pasir sering juga disebut dengan bukit pasir yang dapat di temukan di Pantai Parangkusumo. Material vulkanik Gunung Merapi berupa batuan yang pecah menjadi kerikil dan akhirnya menjadi butiran pasir terbawa angin menuju pantai tertahan oleh ombak dan angin yang sangat kuat dari Samudera Hindia menghasilkan seni indah gumuk pasir ini.



Gumuk Pasir disini jenisnya barchans atau bulan sabit yang terbentuk dari adanya angin, sehingga angin yang membawa material pasir ini akan membentuk bermacam – macam bentuk gumuk pasir.


Gumuk pasir Parangkusumo terbentuk di daerah bercurah hujan tinggi dan satu - satunya gumuk pasir di Asia Tenggara. Tak heran kalau dari  fenomena tersebut dijadikan obyek wisata untuk Pra Wedding, foto – foto, main layang – layang bahkan karena panoramanya yang dapat diandalkan kita seakan berada di Gurun Sahara yang sangat terkenal di Mesirpun dapat kita temukan di Jogja.


Sekian dulu postingan saya kali ini. Sampai Jumpa di postingan berikutnya :))

No comments:

Post a Comment