Thursday 8 January 2015

Gunung Api Purba, Kebun Buah dan Embung Nglanggeran

Gunung Api Purba

Gunung Api Purba  atau sering disebut juga Gunung Nglanggeran merupakan satu – satunya gunung api purba yang ada di Jogja terbentuk dari karst atau kapur. Gunung ini pernah aktif 60 juta tahun yang lalu berbentuk bongkahan batu raksasa. Puncak gunung tersebut adalah Gunung Gedhe di ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut, dengan luas kawasan pegunungan mencapai 48 hektar. Panorama di sini selain bisa menyaksikan sunset & sunrise yang mempesona, kita juga dapat melihat suasana gemerlap Jogja dari ketinggian.

Menapaki Gunung ini memang tidak mudah, rute yang ekstrim dengan melewati jalanan tanah serta lorong – lorong bebatuan yang sempit, cuaca yang tidak menentu, perjalanan berat serta jauhnya jarak yang ditempuh dengan berjalan kaki mungkin tidak mudah untuk sebagian orang  tapi inilah Gunung yang dapat ditempuh 1 s/d 1,5 jam pendakian.




Setelah tiba di puncak barat Gunung kita akan disajikan pemandangan yang indah mempesona, semua lelah di perjalanan seakan terbayar oleh pemandangan yang dapat memanjakan mata. Sejauh mata memandang hamparan awan di ketinggian seperti permadani saja, barisan gunung batu dengan bentuk yang unik serta hijaunya sawah dan ladang seakan Kota Jogja terlihat seperti lautan kunang – kunang. Taburan cahaya bintang diketinggian menjadi langit yang indah serta gemerlap lampu kota  dikejauhan membuat romantis bagi yang akan berkemah disini.

Embung Nglanggeran

Disekitar Gunung juga terdapat embung yang merupakan bangunan berupa kolam seperti telaga di ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut. Embung dengan luas sekitar 5.000 meter persegi itu berfungsi menampung air hujan untuk mengairi Kebun Buah Nglanggeran yang ditanami kelengkeng, durian, dan rambutan di sekeliling embung. Pada musim kemarau warga bisa memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah.





Lokasi Embung Nglanggeran berada di desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul Jogja, bisa di tempuh sekitar 44 menit sekitar 24,8 km dari Jogja. Embung ini unik karena dibuat di atas bukit yang sengaja dibangun untuk pengairan tanaman buah sebagai embrio kebun buah Nglanggeran. Menikmati view terutama saat Sunset  & sunrise juga keren.

No comments:

Post a Comment