Monday 5 January 2015

Lava Tour Merapi

Gunung Merapi yang terletak di tengah Pulau Jawa memiliki ketinggian puncak 2.965 m dpl memiliki 4 sisi yang terletak pada lereng sisi selatan berada di dalam administrasi Kabupaten Sleman DIY dan sisanya di Provinsi Jawa Tengah diantaranya : pada sisi barat di kabupaten Magelang, sisi utara dan timur di Kabupaten Boyolali, dan sisi tenggara di Kabupaten Klaten seakan selalu punya cerita tersendiri. 

Merapi pada bulan Oktober 2010 sempat mengemparkan karena letusannya telah memakan korban yang tidak sedikit. Gunung ini  terkenal sebagai Gunung Api yang paling aktif aktif di Indonesia. Banyak korban meninggal terutama yang berada di daerah Cangkringan, dalam kejadian tersebut termasuk salah satu Tokoh / Juru Kunci Merapi yang bernama Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo menjadi korban kedasyatan letusan waktu itu .



Setelah erupsi Merapi pada tahun 2006 dan 2010 telah merubah wajah Kaliadem yang dulunya merupakan daerah perkemahan yang hijau dengan hamparan tanah yang sangat luas dilengkapi dengan fasilitas seperti basecamp pendakian, gardu pandang, warung-warung makan, toilet dan musholla, namun sekarang bangunan - bangunan tersebut telah hancur karena tertimbun bekas lahar Merapi, dan hanya terlihat beberapa bagian dari atas yang sekarang ini digunakan untuk lava tour Merapi kaliadem. Para Wisatawan dapat melihat dari dekat material bekas letusan gunung Merapi dan dapat menyaksikan sebuah bunker tempat perlindungan yang merenggut nyawa dua relawan.

Lava tour merapi ini bisa mengajarkan orang untuk mengerti bagaimana dahsyatnya letusan Gunung Merapi waktu itu. Dengan lava tour wisatawan dapat melihat puncak Gunung Merapi dengan jarak pandang sekitar 2 km dan dapat menyaksikan Gunung ini mengeluarkan asap sulfatara yang tak pernah henti mengepul dari kawahnya.


Dari kejadian tersebut lokasi bekas aliran lahar Merapi kini dijadikan salah satu objek wisata untuk terus membuat masyarakat di sekitar bangkit dari keterpurukan. Semua orang bergandengan tangan untuk meringankan beban mereka semua, kini Merapi juga terkenal dengan wisata – wisatanya seperti : napak tilas rumah Mbah Marijan, Musium, Gardu Pandang, Puncak Kinahrejo, Lava tour Merapi dll.

Wisata Adventure menggunakan motorcross atau sering disebut motor trail dan ATV yang disediakan dari mulai jalur pendek Rp. 50.000 sekitar 30 menit s/d 200.000 jalur panjang bisa sekitar 90 menit, pengunjung dapat menikmati wisata adventure / petualangan sekaligus melewati situs-situs bekas letusan Merapi dengan pemandangan yang sangat indah.


Pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan sekitar Merapi yang dipandu oleh Guide yang professional. Untuk pilihan lain bisa dengan menggunakan Jeep Classic terbuka : Jeep Willys tahun 1948 s/d 1972, Jimny Jangkrik, LandRover dll dengan harga sewa Rp. 300.000 dengan kapasitas 3 / 4 orang.
 

No comments:

Post a Comment