Friday 9 January 2015

Mengenal sisi lain dari daerah Cilacap

Awal mulai perjalanan ini dimulai dari rasa ingin tahu mengenai Pulau Nusakambangan yang bersebelahan langsung  dari daerah Cilacap. Cilacap sendiri merupakan Kabupaten yang masuk dalam Karesidenan Banyumas Jawa Tengah. Objek wisata yang terkenal disini adalah melihat Pulau Nusakambangan dari jarak yang lebih dekat.

Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan terletak di sebelah Selatan Pulau Jawa dan merupakan pulau kecil terluar yang langsung berbatasan dengan Australia. Sebelah selatan terdapat selat yang dikenal dengan nama Segara Anakan, selat ini memisahkan Pulau Nusakambangan dengan daratan Pulau Jawa. Sebelah selatan adalah Samudera Hindia dengan ombaknya yang besar. Luas dari pulau ini sekitar 210 km₂ atau sekitar 21.000 ha yang memanjang dari barat ke timur.





Pulau Nusakambangan dalam bayangan saya lebih dikenal dengan lembaga kemasyarakatan (LP) yang berkeamanan tinggi di Indonesia dan tidak berpenghuni selain para narapidana dan petugas LP saja. Hutan belantara sudah nampak dikejauhan, hutan ini masih mampu melindungi satwa – satwanya karena sangat rimbun. Kesan menyeramkan sepertinya memang saya rasakan ditengah menyeberangi Segara Anakan dengan menyewa perahu dari salah seorang warga, tetapi ketika sampai di Pulau Nusakambangan kesan menyeramkan hilang dengan pesona pantai berpasir putih dan hijaunya hutan serta banyak terdengar suara burung berkicau dipepohonan yang semua warnanya sangat kontras dengan warna lautan.



Teluk Penyu
Wisata Pantai yang menjadi andalan Kabupaten Cilacap, dengan pantainya yang menjorok ke arah Samudra Hindia membuat Pantai ini memiliki udara yang sejuk.


Benteng Pendem
Tempat wisata sejarah yang menjadi objek wisata andalan Cilacap karena merupakan pertahanan penjajah Belanda di Selatan Pulau Jawa.
Beberapa Objek wisata yang terkenal di cilacap mencakup Hutan Payau / mangrove, Benteng Karang Bolong, Pantai Pasir Putih, Segara Anakan dll.



No comments:

Post a Comment