Thursday 16 April 2015

Air Terjun Sri Gethuk seperti Grand Canyonnya Jogja

Wisata air terjun di Gunung Kidul seperti sebuah oase di daerah yang terkenal tandus dan kering. Bila berkunjung kesini pada musim penghujan airnya akan berwarna coklat dan bila dimusim kemarau aliran sungai berwarna hijau membelah ngarai dengan air terjun indah yang tak pernah berhenti mengalir disetiap musim tampak seperti zamrud yang meliuk – liuk di tengah hutan, sangat indah sekali. 


Lokasi air terjun berada di Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Jogja. Berada di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi persawahan yang hijau, Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Suaranya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunung Kidul yang terkenal kering dan tandus, ternyata menyimpan keindahan yang serupa dengan eksotisme Grand Canyon yang ada di daerah utara Arizona Amerika Serikat.

    


Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sayang bila dilewatkan. Perjalanan mencapai tempat ini berjarak sekitar 40 km dari kota Jogja, kita akan melewati area hutan kayu putih milik Perhutani dengan kondisi jalan yang masih belum sempurna, kadang jalannya beraspal bagus dan kadang harus bergelombang dengan kondisi tanah berkapur. Pepohonan jati yang kering di musim kemarau dan tanaman yang menghijau dimusim penghujan seakan mempunyai warna tersendiri. 


Dari beberapa Informasi yang didapat air terjun ini dinamakan Sri Gethuk karena  menurut keyakinan dari warga sekitar, dulunya tempat ini digunakan oleh bangsa jin sebagai tempat penyimpanan instrumen gamelan bernama kethuk. Informasi lebih jelas bisa didapat dari buku petunjuk wisata yang banyak dijual di sana.

Sri Gethuk terdiri dari tiga air terjun. satu air terjun letaknya agak tinggi sehingga kita harus memanjat bebatuan setinggi kurang lebih dua meter untuk menikmatinya. Air terjun ketiga berada di balik lorong kecil sepanjang tiga meter. Fasilitas yang sudah dilengkapi toilet dan kamar ganti serta beberapa tempat makan yang menjual menu tradisional seperti : pecel, tiwul, tape dan minuman ringan lainnya.

Yuk yang belum pernah datang ke Jogja, silahkan berkunjung ke Kota Kami :D

No comments:

Post a Comment