Tuesday 28 April 2015

Goa Jepang - Kaliurang

Menapaki salah satu peninggalan Jepang di salah satu sudut Kaliurang, menjadi wisata alam yang cukup terkenal di Jogja. Kami ber tiga menyusuri kawasan ini dengan teman saya hendra dan aik untuk menyejukkan hati dengan wisata ke alam.


Letak Goa Jepang berada di dataran tinggi Kaliurang, tepatnya di lereng Gunung Merapi yang bernama Nirmolo Kaliurang dan berada di bawah pengelolaan Taman Nasional Gunung Merapi. Goa Peninggalan Jepang terlihat eksotis & bersejarah dengan udara pegunungan yang dingin dan sejuk. Kalau kita beruntung dapat menyaksikan kawanan monyet di habitat alaminya.

Menuju ke lokasi dapat masuk melalui pintu Nirmolo Kaliurang dan menempuh perjalanan menanjak sekitar 45 menit dengan jalur berliku. Tenaga mungkin akan terkuras untuk sampai di lokasi sehingga dapat menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari jarak yang lebih dekat.

 


Goa Jepang dulu berfungsi sebagai tempat tinggal dan berlindung dari tentara sekutu. Goa Jepang berada di Kaliurang dengan jumlah 25 unit yang saling berhubungan satu sama lainnya, masih orisional, natural, lembab dan gelap.

 
 

Wisata alam dengan pemandanganserta bunga - bunga yang masih tumbuh alami dapat menyegarkan pikiran sekaligus dapat mengetahui sejarah di masa lampau.

No comments:

Post a Comment