Wednesday 29 April 2015

Benteng Vanderberg Jogja

Museum yang sangat terkenal di Kota Jogja salah satunya adalah Museum Benteng Vanderberg, yang terletak di Jl. A. Yani No. 6 sebelah utara dari Titik 0 Kilometer Jogja atau di depan Gedung Agung. Bangunan ini dibangun oleh Sri Sultan Hamangku Buwono 1 dibangun pada tahun 1760 yang merupakan benteng pertahanan Belanda.


Awal mula bangunan ini bernama Benteng Rustenburg yang berarti Benteng peristirahatan, akan tetepi di tahun 1867 Yogyakarta diguncang gempa hebat yang menyebabkan kerusakan sehingga memerlukan pembenahan kemudian Benteng ini berganti nama menjadi Benteng Vanderburg yang berarti Benteng Perdamaian yang hingga saat ini nama tersebut tetap dipertahankan. Ini merupakan sebuah cerminan bahwa benteng tersebut memaknai bentuk kedamaian hingga saat ini.

Saat ini fungsi dari Benteng Vredeburg menjadi Monumen Perjuangan Nasional dengan nama Museum Benteng Vredeburg sejak tanggal 23 November 1992, sering pula difungsikan sebagai kegiatan seni dan budaya.



Benteng ini walaupun sudah berumur ratusan tahun namun kondisinya cukup terjaga dengan baik dan masih terlihat kemegahannya dimasa lalu. Ruangan-ruangan yang ada menyimpan ratusan diorama yang menggambarkan tentang perjuangan bangsa Indonesia hingga masa orde baru serta beberapa benda bersejarah, foto-foto dan lukisan perjuangan nasional.

Bagi pengunjung yang ingin berkeliling dengan bersepeda dapat menyewa sepeda onthel seharga Rp. 5.000,-. Di tempat ini juga sudah dilengkapi dengan hot spot area yang bisa diakses pengunjung dengan gratis. Benteng Vredeburg mempunyai fasilitas selain free hot spot tersedia juga ruang perpustakaan, ruang seminar, diskusi dan pelatihan serta pertemuan, ruang belajar kelompok, ruang tamu, Mushola, dan pemandu.

Benteng Vredeburg dibuka untuk umum setiap hari selasa sampai dengan jum’at mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB sedangkan sabtu dan minggu mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB, hari libur nasional tempat ini tetap buka sedangkan setiap hari senin tutup. Untuk tiket masuk per orang dikenai biaya sebesar Rp. 3.000,-.

No comments:

Post a Comment