Thursday 7 May 2015

Curuq Setawing

Masih di pagi yang sama di tanggal 3 Mei 2015 setelah kita dari Gunung Lanang kami melanjutkan perjalanan ke Curug Setawing. Akses jalan ke Curuq Setawing tampak jelas di tepi jalan karena jika ingin pergi ke grojogan sewu, kita akan melewati jalur jalan ke air terjun Curug Setawing. Lebih tepatnya, ketika sudah masuk ke jalan kiskendo dan mengambil arah ke grojogan sewu, air terjun Curug Setawing berada di kanan jalan.

Peta jalan ke Air terjun Curug Setawing Kulon Progo Yogyakarta :


Lokasi curuq ini berada di Dusun Jonggrangan, desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo Yogyakarta. Setelah melewati Pasar Jonggrangan ini emang salah satu point atau ancer-ancer yang sangat membantu untuk menuju ke Curug Setawing. Kita ikuti jalan yang sudah dicor semen ketika menemukan pertigaan, kita ambil arah kiri dan sampai di parkiran yang merupakan salah satu rumah warga yang dikembangkan oleh warga sekitar menjadi tempat parkir untuk pengunjung.

Pintu masuk ke air terjun Curug Setawing :
 

 


Untuk sampai ke Air Terjun Curug Setawing, dari tempat parkir kita harus berjalan  kaki 250 meter, bahkan menurut saya akses perjalannya sangat mudah dibandingkan dengan Curug Grojogan Sewu, Kembang Soka, Kedung Pedut yang akan membutuhkan tenaga lebih untuk berjalan karena kondisi jalan yang naik turun. Jalan menuju curug inipun sudah dicor semen.

Curug Setawing ini berada di sisi jalan pertanian warga, pagi ini kami melihat aktivitas warga Jonggrangan yang mata pencahariannya dari pertanian dan perkebunan. Kami bertemu dengan petani yang sedang mengarap sawah, membawa rumput untuk ternak dll. Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang ketempat ini, semua dikelola oleh masyarakat sekitar yang sangat memperhatikan kebersihan dan terbukti sudah menyediakan tempat sampah di beberapa titik jalan.

Curug Setawing mulai resmi dibuka di awal bulan Januari 2015, dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dikarenakan banyak perbincangan di social media dikalangan pecinta alam  dan yang suka blusukan ke tempat - tempat seperti. Yang menjadi keunggulan di tempat ini adalah dengan penampilan tempat yang bersih tapi masih alami serta akses jalan yang sangat mudah hanya dengan berjalan kaki 250 meter saja tidak perlu tenaga karena medannya sangat bersahabat sekali.


 
Tidak memerlukan uang banyak hanya cukup membayar uang parkir untuk motor Rp 2000, sedangkan mobil Rp. 5000 dan semacam retribusi yang masih bersifat sukarela, oya jangan lupa untuk mengisi buku tamu tuliskan kesan dan saran kalian biar kedepan curug ini makin lebih baik. Fasilitas seperti toilet  dan tempat beribadah juga sudah tersedia dengan kondisi yang bersih. Pokoknya kita nikmati trip apapun kondisinya yang penting sampai tujuan dan dapat pulang kerumah dengan selamat.

No comments:

Post a Comment